Home » » Tips Menghadapi Makelar Tanah

Tips Menghadapi Makelar Tanah


Sebagai pengembang properti (Property Developer) dalam berburu lahan hot deal mau tidak mau terkadang harus berhubungan dengan makelar tanah atau calo. Ada sisi positif dan negatifnya bila kita menjalin hubungan dengan makelar tanah. Diantara sisi positifnya mereka akan mempermudah kita menemukan siapa pemilik lokasi yang sedang kita incar. Sebab biasanya para makelar tanah telah memiliki daftar pemilik lahan disuatu wilayah. Walaupun kebanyakan orang berpandangan negatif dengan makelar tanah dengan menuduh mereka suka berdusta (bahkan ada yang menyebut dengan “biong” alias biangnya bohong), toh kita tidak boleh menggeneralisir. Tidak semua orang sama, akan selalu ada manusia jujur dan tidak jujur diprofesi apapun.
Nah, bagaimana triknya agar kita tidak terjebak oleh makelar tanah yang tidak jujur? Simak tips berikut :

1. Jangan pernah melakukan transaksi pembelian tanah hanya dengan makelar, minta kenalkan kepada pemiliknya langsung.
2. Jangan pernah menyerahkan dana pembelian (misal DP) kepada makelar, walaupun mereka mengatasnamakan pemilik lahan.
3. Ketahui dengan pasti berapa sebenarnya harga lahan yang diinginkan oleh si pemilik, jangan hanya percaya harga yang ditawarkan makelar.
4. Periksa surat menyurat kepemilikan. Jika sertifikat, cek keabsahannya kepada staf BPN.
5. Libatkan pihak BPN dalam pengukuran tanah, walaupun tanah sudah memiliki SHM.
6. Ingat, posisi makelar hanya sebagai mediator antara anda dengan si pemilik lahan.
7. Bila makelar tidak percaya kepada anda atau takut jatah mereka “lenyap” setelah terjadi transaksi, buatkan surat kesepakatan pemberian komisi dengan syarat mereka mau menunjukkan siapa pemilik lahan yang sebenarnya.

Bagaimana....? Sudah cukup jelas kan..? Paling penting, jangan sampai anda terjebak pada pembelian tanah bermasalah atau sengketa. Jadi jangan mudah percaya kepada makelar yang mengatakan tanah alias lahan yang anda incar itu aman dari sengketa. Ingat, jika sampai muncul sengketa tanah, anda akan banyak kehilangan waktu dan biaya untuk menyelesaikannya. Dari itu hindari sedini mungkin.

Written by : Satya Vibiz - Lembaga edukasi Property

Perkembangan dunia Properti di Indonesia kini kian meningkat, prospeknya pun kian menjanjikan ,oleh karena itu dibutuhkan suatu pengetahuan mendalam mengenai ilmu properti mulai dari konsep pendanaan, pengembangan hingga proses pengelolaannya. Pengetahuan tentang properti pun kini bukan saja di butuhkan oleh pengembang properti di Jakarta saja namun di beberapa daerah di Indonesia masih sangat membutuhkan pengetahuan lebih mendalam mengenai ilmu properti itu sendiri. Kiranya dengan kehadiran Properti Business Academy (PBA) yang bernaung dibawah Indonesia Investment Institute (III) dapat memenuhi kebutuhan para pelaku dan peminat bisnis serta para investor properti akan pengetahuan-pengetahuan yang praktis dan aplikatif pada dunia properti.Selamat Bergabung, Salam Properti!.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

1 comments:

  1. Numpang lewat yachh min..

    HANYA ADA DI OPPO POKER
    Bonus New Member....
    Deposit 15.000 - 49.999 = Bonus nya 10.000
    Deposit 50.000 - 99.999 = Bonus nya 15.000
    Deposit 100.000 Ke atas = Bonus nya 20.000

    ReplyDelete